MENGAPA KITA BUTUH CALEG PUSAT DI 2021?

Pemilu legislatif memang masih lama, masih tahun 2024. Semua partai yang sudah mengirim kadernya menjadi anggota dewan mungkin memiliki harapan mereka terpilih kembali tapi bagi partai yang belum perlu ikhtiar dan strategi khusus. Bagaimana PKS di Jawa Timur khususnya PKS Dapil 2 (ko/kab Pasuruan-Probolinggo). Apa yang harus dilakukan oleh para punggawa pks di dapil 2 jawa timur tersebut. Tulisan ini mungkin bukan idea atau gagasan baru yang pernah muncul dikalangan manajemen PKS di jawa timur. Sering diusulkan, sering terlontar, bahkan sering diskusikan oleh para kader dan manjemen partai disemua tingkat. Tapi walaupun demikian saya berpikir perlu ada tulisan yang memberikan rasionalisasi-rasionalisasi mengapa wilayah 2 jatim atau wilayah-wilayah yang belum punya aleg harus menunjuk caleg pusat sejak mulai sekarang.

 Apa poin-poin penting dari gagasan menunjuk caleg pusat sejak awal:

  1. Pembranding an seseorang atau caleg memerlukan waktu khusus dan panjang agar menjadi top mind/ tertancap di pikiran orang-orang. Kita perlu terus mengenalkan caleg kita melalui ‘apa yang dimiliki oleh sang caleg’ dan menciptakan sebanyak-banyaknya interaksi dengan masyarakat sehingga meningkat pula engagement.
  2. Untuk tahap awal, Ada 3 unsur sang caleg yang menjadi fokus ikhtiar menancapkan branding sang caleg yaitu NAMA, FOTO, DAN KAPASITAS sesuai kondisi di wilayah 2 jatim yaitu daerah tapal kuda (keras, madura, santri,pondok pesantren)
  3. Melakukan riset untuk calon pemilih dan kompetitor sang caleg terutama dari partai lain.
  4. Tentukan arah fokus dari brand sang caleg yang akan dibuat.Kepada siapa value/kapasitas/variablesang caleg akan diperkenalkan, Bagaimana Anda menyampaikan value/kapasitas/variable tersebut?
  5. Saatnya membuatkan tool-tool marketingnya serta menciptakan wadah/komunitas/sasaran yang bisa dijadikan sarana oleh sang caleg untuk mensosiaisasikan diri, berinteraksi dan memulai hubungan take and give dengan ‘pasar’ atau calon pendukung. Trainer melalui training-training, Kyai melalui ceramah-ceramah serta kalau dia seorang pedagang melalui pemanfaatan jaringan, dll
  6. Adakan acara rutin dengan biaya hemat dan kalau perlu menghasilkan dana tertentu untuk sang caleg
  7. Pastikan setiap hari besar agama atau nasional sang caleg membuat ucapan selamat di 2 titik disetiap kabupaten. Memastikan wajah sang caleg selalu di top mind masyarakat.
  8. Mengenalkan caleg tersebut kepada tokoh-tokoh masyarakat dengan tujuan terciptakanya program-program yang bisa disenergikan oleh 2 pihak (caleg dan tokoh tersebut). Silaturahim yang terus menerus akan membuat sinergitas lebih efektif dan produktif.
  9. Membangun tim utama sejak dini di daerah-daerah yang akan dijadikan basis pemenangan. Waktu panjang akan menjadi sangat bagus agar benar-benar mendapat tim dan daerah yang produktif untuk mendulang suara. (ing)

One Response to MENGAPA KITA BUTUH CALEG PUSAT DI 2021?

  1. Jun says:

    Setujuuuuu…semoga ummat semakin faham dg kondisi sekarang ini sehingga merindukan ALEG PKS YANG TERPILAH DAN TAMPIL MELAYANINRAKYAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *